Bapak pendidikan indonesia

Filsafat pendidikan
7c
Oleh teggoeh susilo
         Bapak pendidikan indonesia
Suryadi Suryodiningkrat atau yang sering di sapa Qi hajar dewan tara menerapkan ilmu pendidikan di indonesia.sistem pendidikan oleh ki hajar dewantara sekarang di gunakan oleh salah satu bangaa di eropa,dan malahan negara tersebut berhasil dengan penerpan sistem pendidikan yang di bawa oleh ki hajar dewantara.
Berbicar tentang ki hadjar dewanta ada arti tersendiri di dalam kata (ki).
Kata ki berarti syeh atau orang tua,dan syeh sendiri berarti adalah orang pintar bangkan oramg tua yang di pintar.itu ki di dalam indonesia dan keraton😬
        Pendikan itu sendira berasal dari kata kemerdekaan.kemerdekan juga memiliki arti yang bebas,tapi kemerdekaan memiliki batasan batasan dalam menjalankannya.cak Nun juga bernah berkata merdeka berarti free tapi harus memahami secara luas bergerak dengan batasan yang memiliki aturan dan tidak melanggar aturan tersebut.Aturan itu norma yang ada dalam masyarakat.
       Ki hajar dewantara dengan 3 teori pembentuk pendidikan.
1.Berdiri sendiri~jadi pendidikan harus bisa berdiri sendiri.
2.Tidak bergantung pada orang lain-yang artinya kita memang mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain tapi ketika masalah atau hal apapun kita masih bisa kita harus mengerjakannya sendiri.
3.Dapat mengatur dirinya sendiri -berarti dapat mengerti porsi ataupun kemampuannya sendiri sendiri,yang mengerti adalah diri kamu sendiri bukan orang lain.
      8 isi buku
1.bab 1 pendidikan nasional
2.bab 2 politik pendidikan.
3.bab 3 pendidikan kanak kanak
4.bab 4 pendidikan kesenian
5.bab 5 pendidikan keluarga
6.bab.6 pendidikan ilmu jiwa
7.bab 7 pendidikan ilmu adat.
7.bab 8 pendidikan ilmu bahasa.

Juminten meres santen(cakeeeppp)
Cukup sementen🙏😬

Komentar

Postingan Populer